Minggu, 06 Juni 2010

hati....hati...gas sering mbleduzztttttt......

Tips Menghindari Tabung Gas Meledak

Selasa, 1 juni 2010 - 6:18 WIB

| More
Tips  Menghindari Tabung Gas Meledak

GANDEKAN (PosMAS) – Kasus kebakaran terus terjadi. Selain arus pendek (korsleting) listrik, ledakan tabung gas elpiji diduga juga sebagai salah satu penyebab kebakaran.

Untuk mencegah kebakaran akibat meledaknya tabung gas, masyarakat yang belum paham betul sebaiknya berhati-hati saat menghidupkan kompor dan tabung gas elpiji.

“Kalau mencium aroma yang tidak sedap dan menyengat. Janganlah sekali-kali mementikan korek api, apalagi merokok,” Segeralah membuka pintu lebar-lebar. Jangan jendela. Karena tekanan gas lebih besar dari udara yang ada di ruangan itu. Dengan membuka pintu, gas tersebut akan ke luar.

Setelah membuka pintu lebar-lebar, pemakai kompor gas sebaiknya mencabut regulator dan selang. Lalu bawalah tabung gas tersebut ke luar rumah.

Kemudian periksalah tabung gas tersebut dengan menggunakan air sabun. Siram valve (penutup tabung). Air sabun mengelembung busa, berarti bocor. Tandainya dengan tusuk gigi.

Bila tidak ada busa, maka ada kerusakan di valve. Sebaiknya ditukar kembali tabung gas ke agen tersebut. Karenanya, masyarakat pengguna gas elpiji harus memiliki nama dan nomor telepon agen. “Belilah gas elpiji di agen yang ditunjuk oleh Pertamina”

Sehingga tabung gas yang bocor tadi bisa ditukar kembali ke agen bersangkutan. “Kalau agen tersebut menolak mengganti tabung yang bocor, silakan lapor ke telepon 7428910/864675,” ujarnya.

Menyinggung soal tabung gas elpiji mengingat belakangan ini banyak juga beredar tabung abal-abal, Agus menjamin masyarakat tidak perlu khawatir kalau tabung gas yang tadinya kosong lalu di tukarkan maka harus melihat cek labelnya tabung gas kalau cetak di atas 10 gas tersebut masih bagus.

Yang penting, ia kembali mengingat masyarakat pengguna gas elpiji harus berhati-hati ketika menghidupkan kompor gas

Selama ini Tlogoadi sendiri sudah terjadi di dusun kalongan dengan memakan korban , bahkan 1 meninggal Agus akan terus menyosialisasikan bagaimana cara menggunakan kompor dan tabung gas elpiji ke masyarakat, termasuk lewat media Internet via alamat "www.rw10gandekan.blogspot.com. ”Ini mungkin harus diperbanyak lagi agar masyarakat lebih mengerti dan paham ,” kata agus. (@gose)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda